Langsung ke konten utama

MODUL 1.4: PRAKTIK SEGITIGA RESTITUSI

Tugas demonstrasi kontekstual modul 1.4 adalah melakukan praktik segitiga restitusi pada siswa yang melakukan pelanggaran terhadap keyakinan kelas. Pelanggaran keyakinan kelas yang dilakukan siswa adalah tidur saat pembelajaran berlangsung dan tidak mengumpulkan tugas-tugas yang telah diberikan guru. 
Berikut adalah skenario segitiga restitusi yang dilakukan untuk mencari solusi bagi pelanggaran yang dilakukan siswa. 

Demonstrasi Kontekstual Modul 1.4

Skenario Segitiga Restitusi


Guru : "Panji ya namanya? 

Murid 1: " Ya"

Guru : " Rumahnya daerah mana? "

Murid 1: "Siman Pak"

Guru : " Oh dekat berarti dari sekolah. Hari ini saya memanggil kamu bukan untuk mencari memberikan hukuman karena kesalahan tetapi saya melihat ada kendala yang kamu hadapi dalam pembelajaran yang perlu kita cari solusinya bersama".

Murid 1 : "Ya Pak"

Guru : "Apakah kamu tahu kendala atau pelanggaran keyakinan apa yang telah kamu lakukan? ”

Murid : "Tahu Pak, tidur saat pelajaran. Dan itu pelanggaran keyakinan menghormati orang lain"

Guru : " Benar, Kira-kira kenapa kamu ngantuk saat di kelas? Apa saja aktivitasmu saat malam hari di rumah? ”

Murid 1: "saya ngantuk di kelas karena capek habis olahraga, kemudian tidak ada pekerjaan yang harus dikumpulkan atau aktivitas yang membuat saya bergerak Pak. Untuk malam hari saya ikut grup band yang kadang-kadang ada kegiatan hingga larut malam".

Guru : " Oke, berarti sudah ketemu penyebabnya, berarti ada penyebab dari diri sendiri ada juga karena faktor lingkungan/aktivitas belajar di kelas. Oleh karena itu saya akan menawarkan solusi dari saya untuk pembelajaran berikutnya kita akan variasi kan tempatnya, bisa di kelas atau di laboratorium fisika. Berikutnya bagaimana usulan solusi untuk mengatasi masalahmu tersebut? 

Murid 1 : "Saya perlu sambil ngemil Pak biar hilang rasa kantuknya."

Guru : " Baik, kamu boleh sambil ngemil tapi tolong dipastikan tidak mengganggu yang lainnya, dan tidak membuat kelas menjadi kotor. 

Murid 1: "Baik Pak"

Guru : " Selanjutnya ada kendala lagi yang kamu hadapi yaitu nilai tugas yang belum kamu penuhi. Kira-kira apakah ini dampak dari pelanggaran keyakinan sebelumnya? Kira-kira bagaimana kamu mengatasi kendala ini? 

Murid 1:"Ya Pak, itu mungkin salah satu dampaknya, saya tidak mengikuti pembelajaran dengan baik, sehingga tertinggal nilai tugas-tugasnya. Untuk mengatasi permasalahan ini maka saya akan segera mengerjakan tugas dan mengumpulkan semua tugas yang belum saya kumpulkan sebelumnya".

Guru : "Baik, saya tunggu komitmennya, semoga sukses selalu".




Komentar