Langsung ke konten utama

MODUL 1.3: KONEKSI ANTAR MATERI

Tujuan pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak agar sesuai dengan kodrat alam dan zaman.

 Dimensi Profil Pelajar Pancasila:

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
  2. Bergotong Royong
  3. Berkebhinekaan Global
  4. Bernalar kritis
  5. Kreatif
  6. Mandiri
Inkuiri Apresiatif (IA) adalah pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan.

Peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) antara lain adalah
  1. Menjadi contoh bagi murid dalam menerapkan dimensi profil pelajar pancasila
  2. Memberi kesempatan atau ruang bagi murid untuk menerapkan dimensi profil pelajar pancasila dalam proses pembelajaran.
  3. Mewujudkan visi diri atau sekolah melalui prakarsa perubahan dengan berbasis Aset 

Berikut adalah dokumentasi yang terkait peran pendidik dalam mewujudkan filosofi KHD dan Profil Pelajar Pancasila

Guru Menjadi Teladan

Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia

Bergotong Royong

Berkebhinekaan Global

Bernalar Kritis

Mandiri

Kreatif


Memberi ruang bagi murid untuk menerapkan dimensi Profil Pelajar Pancasila

Mewujudkan visi diri atau sekolah melalui prakarsa perubahan dengan berbasis Aset







Komentar