Tujuan pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak agar sesuai dengan kodrat alam dan zaman.
Dimensi Profil Pelajar Pancasila:
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
- Bergotong Royong
- Berkebhinekaan Global
- Bernalar kritis
- Kreatif
- Mandiri
Inkuiri Apresiatif (IA) adalah pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan.
Peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) antara lain adalah
- Menjadi contoh bagi murid dalam menerapkan dimensi profil pelajar pancasila
- Memberi kesempatan atau ruang bagi murid untuk menerapkan dimensi profil pelajar pancasila dalam proses pembelajaran.
- Mewujudkan visi diri atau sekolah melalui prakarsa perubahan dengan berbasis Aset
Berikut adalah dokumentasi yang terkait peran pendidik dalam mewujudkan filosofi KHD dan Profil Pelajar Pancasila
Guru Menjadi Teladan
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia
Bergotong Royong
Berkebhinekaan Global
Bernalar Kritis
Mandiri
Kreatif
Komentar
Posting Komentar