Pada modul 1.3 telah dipelajari tentang visi guru penggerak. Setiap CGP membuat visi diri yang kemudian akan diwujudkan dalam proses pembelajaran di sekolah. Visi diri tersebut berkaitan dengan cita-cita CGP terhadap murid untuk masa yang akan datang. Visi diri dari CGP selanjutnya dianalisis dengan pendekatan ATAP (Aset, Tantangan, Aksi, Pembelajaran) sehingga diperoleh prakarsa perubahan dari masing-masing CGP.
Prakarsa perubahan saya adalah "Meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah melalui pembelajaran kontekstual". Prakarsa perubahan tersebut diwujudkan dalam aktivitas pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan konsep-konsep fisika.
Berikut adalah beberapa kegiatan pembelajaran sebagai wujud prakarsa perubahan di atas.
Kegiatan Praktikum Jangka Sorong untuk mengukur benda-benda di sekitar siswa sebagai bentuk pembelajaran kontekstual pemanfaatan alat ukur dalam keseharian.
Demontrasi hukum Newton di kelas untuk memberikan penjelasan tentang sifat kelembaman benda.
Komentar
Posting Komentar