Langsung ke konten utama

MODUL 1.3: DEMONSTRASI KONTEKSTUAL

Berikut adalah demonstrasi kontekstual dari Modul 1.3 tentang visi guru penggerak. Visi saya adalah "Terwujudnya peserta didik yang berakhlak mulia, etos kerja yang tinggi serta berwawasan global."

Dari visi yang dibuat kemudian dianalisis melalui ATAP (Awal, Tantangan, Aksi, Pembelajaran) Setelah tahap ATAP selesai kemudian disusun Rumusan kalimat Prakarsa Perubahan yaitu "Meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah melalui pembelajaran kontekstual." Kemudian dilanjutkan dengan membuat manajemen perubahan melalui inkuiri apresiatif BAGJA.

B-uat Pertanyaan Utama
Pertanyaan
  1. Bagaimana cara menumbuhkan kemampuan memecahkan masalah pada diri siswa?
  2. Pembelajaran kontekstual seperti apakah yang berguna untuk menumbuhkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah?
Tindakan
  1. Memperdalam penguasaan pembelajaran kontekstual
  2. Berdiskusi dengan rekan sejawat melalui MGMPS maupun MGMP Kabupaten

A-mbil Pelajaran
Pertanyaan
  1. Siapakah guru yang telah berhasil menerapkan pembelajaran kontekstual?
  2. Bagaimanakah tahapan pembelajaran kontekstual yang telah berhasil diterapkan?
Tindakan
  1. Diskusi dengan guru yang berhasil menerapkan pembelajaran kontekstual
  2. Melakukan survei ke siswa tentang kesan terhadap pembelajaran kontekstual


G-ali Mimpi
Pertanyaan
  1. Bagaimana perasaan siswa yang telah berhasil memecahkan masalah keseharian dari pembelajaran kontekstual?
  2. Bagaimana perasaan guru yang telah berhasil menerapkan pembelajaran kontekstual?
  3. Bagaimana prestasi siswa setelah melalui pembelajaran kontekstual?

Tindakan
  1. Menanyakan pendapat dan harapan siswa tentang pembelajaran kontekstual dan keterampilan memecahkan masalah.
  2. Mendata pencapaian prestasi siswa yang telah menerapkan pembelajaran kontekstual


J-abarkan Rencana
Pertanyaan
  1. Bagiamana cara mengukur keberhasilan pembelajaran kontekstual pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah?
  2. Bagaimana caranya agar pembelajaran kontekstual dapat diterapkan di semua mata pelajaran?
Tindakan
  1. Menyiapkan  penilaian yang berbasis masalah sehari-hari untuk dipecahkan siswa berdasarkan pengalaman siswa mengikuti pembelajaran kontekstual.
  2. Menyediakan rubrik untuk mengukur kemampuan siswa dalam memecahkan masalah meliputi : (a) Masalah yang dipecahkan; (2) Konsep materi yang diterapkan; (3) Kesesuaian solusi dengan masalah dan konsep yang diterapkan.

A-tur Eksekusi
Pertanyaan
  1. Siapa sajakah yang bertugas mensosialisasikan pembelajaran kontekstual?
  2. Mata pelajaran apa sajakah yang menerapkan pembelajaran kontekstual?
  3. Bagaimana evaluasi pembelajaran kontekstual oleh guru?
  4. Siapa yang bertugas melakukan supervisi keberhasilan pembelajaran kontekstual?
Tindakan
  1. Menyusun daftar guru yang melakukan sosialisas/diseminasi pengalaman pembelajaran kontekstual
  2. Menyusun jadwal supervisi dan evaluasi hasil pembelajaran kontekstual















Komentar