Langsung ke konten utama

MODUL 1.2 : TRAPESIUM USIA

 

Nama  : Ahmad Mukhlis Anshori

 

Trapesium Usia


Tugas 1 Refleksi




Pertanyaan

1.      Apa peristiwa positif dan negatif yang saya tuliskan di sana?

2.      Selain saya, siapa lagi yang terlibat di dalam masing-masing peristiwa tersebut?

3.      Dampak emosi apa saja yang saya rasakan hingga sekarang? (silakan gunakan roda emosi Plutchik di Gambar 2 untuk mengidentifikasi persisnya perasaan Bapak/Ibu di masa itu)

4.      Mengapa momen yang terjadi di masa sekolah masih dapat saya rasakan dan masih dapat memengaruhi diri saya di masa sekarang?

5.      Pelajaran hidup apa yang saya peroleh dari kegiatan trapesium usia dan roda emosi, terkait peran saya sebagai guru terhadap peserta didik saya?

6.      Bagaimana saya menuliskan nilai-nilai yang saya yakini sebagai seorang Guru, dalam 1 atau 2 kalimat menggunakan kata-kata: "guru", "murid", "belajar", "makna", "peran"?

Jawaban:

1.      Peristiwa Positif yang saya alami adalah pada saat saya duduk di bangku kelas X, saya ditunjuk untuk mengikuti OSN bidang fisika tingkat kabupaten, saya hanya mengandalkan hasil belajar sendiri dan bimbingan dari guru fisika dan saya mendapatkan peringkat 5 di kabupaten Tulungagung kemudian termasuk lima siswa yang dikirim ke tingkat provinsi, sejak saat itu saya mulai menekuni fisika.

Peristiwa negatif yang saya alami adalah ketika kelas X di semester awal saat ulangan harian biologi saya mendapat nilai 74 dengan KKM 75. Saya termasuk siswa yang mendapat remidial. Saya sangat kecewa dengan hasil saya yang hanya kurang satu poin saja saya sudah tuntas tanpa remidi. Saya menyadari bahwa kemampuan saya di bidang biologi masih kurang, karena sudah terbiasa dengan eksakta, sehingga agak kesulitan jika harus menghafalkan seperti mata pelajaran biologi.

2.      Pihak-pihak yang terlibat dalam peristiwa posotif selain saya adalah guru fisika, teman sekolah di SMA, orang tua.

Pihak-pihak yang terlibat dalam peristiwa negatif selain saya adalah guru biologi, teman sekelas.

3.      Emosi pada peristiwa positif: senang, gembira, percaya,

Emosi pada peristiwa negatif: sedih kecewa, penyesalan.

4.      Kedua peristiwa di atas baik positif maupun negatif masih saya rasakan karena kedua peristiwa di atas membuat kesan yang dalam pada saya saat itu, sehingga tertanam secara kuat diingatan saya tentang persaaan dan peristiwa tersebut.

5.      Berdasarkan peristiwa pada trapesium usia di atas maka dapat saya ambil pelajaran bahwa suatu peristiwa yang berkesan akan dingat dengan kuat oleh orang yang terlibat pada peristiwa tersebut. Oleh karena itu sebisa mungkin dalam pembelajaran diupayakan dapat memberikan kesan tertentu pada siswa sehingga siswa dapat mengingatnya pada jangka yang panjang.

6.      Guru memiliki peran menciptakan suasana belajar yang bermakna bagi murid .

 

Tugas 2 Nilai dan Peran Guru Penggerak Menurut Saya

1.      Apa nilai-nilai dalam diri saya yang membantu saya menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?

Jawab:

a.       Mencoba hal baru

Saya suka mencoba hal baru yang menurut saya menunjang kebutuhan saya sebagai guru, sehingga saya bisa mendapatkan pengetahuan baru yang dapat diterapkan dalam pembelajaran

b.      Berbagi

Ketika saya mendapatkan pengetahuan baru saya siap membagikan kepada siswa ataupun rekan sejawat yang sekiranya pengetahuan tersebut berguna bagi siswa maupun sesama guru

c.       Adaptif

Ketika ada peraturan baru tentang pendidikan, sebisa mungkin dan secepat mungkin saya menyesuaikan dengan aturan tersebut agar pembelajaran dapat segera terlaksana sesuai aturan yang berlaku.

 

2.      Apa peran yang selama ini saya mainkan dalam menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?

Jawab:

Peran yang saya lakukan dalam menggerakkan murid adalah saya berusaha semaksimal mungkin berdisiplin dalam pembelajaran, kehadiran di dalam kelas. Selain itu memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan ide, gagasan dan pendapatnya dalam kelas. Sedangkan untuk menggerakkan rekan guru saya harus mencoba hal baru lebih awal daripada yang lainnya sehingga saya memiliki pengetahuan baru yang dapat menjadi pendorong rekan guru untuk bersama-sama mempelajari hal baru tersebut. Setiap saya memiliki pengetahuan baru dalam pembelajaran, saya berusaha untuk siap berbagi dengan sesama rekan guru.

Komentar