Nama : Ahmad Mukhlis
Anshori
Trapesium Usia
Tugas 1
Refleksi
Pertanyaan
1.
Apa peristiwa positif dan negatif yang saya
tuliskan di sana?
2.
Selain saya, siapa lagi yang terlibat di dalam
masing-masing peristiwa tersebut?
3.
Dampak emosi apa saja yang saya rasakan hingga
sekarang? (silakan gunakan roda emosi Plutchik di Gambar 2 untuk
mengidentifikasi persisnya perasaan Bapak/Ibu di masa itu)
4.
Mengapa momen yang terjadi di masa sekolah masih
dapat saya rasakan dan masih dapat memengaruhi diri saya di masa sekarang?
5.
Pelajaran hidup apa yang saya peroleh dari
kegiatan trapesium usia dan roda emosi, terkait peran saya sebagai guru
terhadap peserta didik saya?
6.
Bagaimana saya menuliskan nilai-nilai yang saya
yakini sebagai seorang Guru, dalam 1 atau 2 kalimat menggunakan kata-kata:
"guru", "murid", "belajar", "makna",
"peran"?
Jawaban:
1.
Peristiwa Positif yang saya alami adalah pada
saat saya duduk di bangku kelas X, saya ditunjuk untuk mengikuti OSN bidang
fisika tingkat kabupaten, saya hanya mengandalkan hasil belajar sendiri dan
bimbingan dari guru fisika dan saya mendapatkan peringkat 5 di kabupaten
Tulungagung kemudian termasuk lima siswa yang dikirim ke tingkat provinsi,
sejak saat itu saya mulai menekuni fisika.
Peristiwa negatif yang saya alami adalah ketika kelas X di semester awal
saat ulangan harian biologi saya mendapat nilai 74 dengan KKM 75. Saya termasuk
siswa yang mendapat remidial. Saya sangat kecewa dengan hasil saya yang hanya
kurang satu poin saja saya sudah tuntas tanpa remidi. Saya menyadari bahwa
kemampuan saya di bidang biologi masih kurang, karena sudah terbiasa dengan
eksakta, sehingga agak kesulitan jika harus menghafalkan seperti mata pelajaran
biologi.
2.
Pihak-pihak yang terlibat dalam peristiwa
posotif selain saya adalah guru fisika, teman sekolah di SMA, orang tua.
Pihak-pihak yang terlibat dalam peristiwa negatif selain saya adalah guru
biologi, teman sekelas.
3.
Emosi pada peristiwa positif: senang, gembira,
percaya,
Emosi pada peristiwa negatif: sedih kecewa, penyesalan.
4.
Kedua peristiwa di atas baik positif maupun
negatif masih saya rasakan karena kedua peristiwa di atas membuat kesan yang
dalam pada saya saat itu, sehingga tertanam secara kuat diingatan saya tentang
persaaan dan peristiwa tersebut.
5.
Berdasarkan peristiwa pada trapesium usia di
atas maka dapat saya ambil pelajaran bahwa suatu peristiwa yang berkesan akan
dingat dengan kuat oleh orang yang terlibat pada peristiwa tersebut. Oleh
karena itu sebisa mungkin dalam pembelajaran diupayakan dapat memberikan kesan
tertentu pada siswa sehingga siswa dapat mengingatnya pada jangka yang panjang.
6.
Guru memiliki peran menciptakan suasana belajar
yang bermakna bagi murid .
Tugas 2 Nilai dan Peran Guru Penggerak Menurut Saya
1.
Apa nilai-nilai dalam diri saya yang membantu
saya menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?
Jawab:
a.
Mencoba hal baru
Saya suka mencoba hal baru yang menurut saya menunjang kebutuhan saya
sebagai guru, sehingga saya bisa mendapatkan pengetahuan baru yang dapat
diterapkan dalam pembelajaran
b.
Berbagi
Ketika saya mendapatkan pengetahuan baru saya siap membagikan kepada
siswa ataupun rekan sejawat yang sekiranya pengetahuan tersebut berguna bagi
siswa maupun sesama guru
c.
Adaptif
Ketika
ada peraturan baru tentang pendidikan, sebisa mungkin dan secepat mungkin saya
menyesuaikan dengan aturan tersebut agar pembelajaran dapat segera terlaksana
sesuai aturan yang berlaku.
2.
Apa peran yang selama ini saya mainkan dalam
menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?
Jawab:
Peran
yang saya lakukan dalam menggerakkan murid adalah saya berusaha semaksimal
mungkin berdisiplin dalam pembelajaran, kehadiran di dalam kelas. Selain itu
memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan ide, gagasan dan pendapatnya
dalam kelas. Sedangkan untuk menggerakkan rekan guru saya harus mencoba hal
baru lebih awal daripada yang lainnya sehingga saya memiliki pengetahuan baru
yang dapat menjadi pendorong rekan guru untuk bersama-sama mempelajari hal baru
tersebut. Setiap saya memiliki pengetahuan baru dalam pembelajaran, saya
berusaha untuk siap berbagi dengan sesama rekan guru.
Komentar
Posting Komentar